PMII Pasuruan Suplai Air Bersih di Lokasi Terdampak Kekeringan

PMII Pasuruan Suplai Air Bersih di Lokasi Terdampak Kekeringan

Pasuruan, NU Online
Pengurus harian Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pasuruan menggelar aksi simpatik, Selasa (10/10). Mereka menyuplai air bersih ke daerah Lumbang Kabupaten Pasuruan yang terdampak krisis air bersih akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini.

Aksi ini adalah tindak lanjut dari aksi sebelumnya, yaitu aksi penggalangan dana di jalan serentak di wilayah Pasuruan yang dilakukan pada tanggal 6-8 Oktober lalu.

“Rencananya aksi ini akan kami lakukan setiap hari selama kekeringan untuk membantu warga yang terdampak krisis air bersih ini dimulai dari tanggal 9 kemarin. Alhamdulillah hari ini berjalan sesuai dengan rencana meskipun tadi sedikit ada kendala mesin pada truk yang kita gunakan,” ujar Korlap Aksi Khusnul.

Menurut Khusnul, sampai saat ini masih belum ada tanggapan yang pasti dari pemerintah dan DPRD Kabupaten Pasuruan terkait krisis air bersih yang terjadi di wilayah Lumbang.

“Kami dari PMII Pasuruan sudah mengomunikasikan masalah ini tapi tak ada tanggapan yang jelas. jika dalam waktu dekat ini pemerintah masih belum menanggapi jeritan masyarakat mengenai krisis air, kami akan turun ke jalan dengan massa yang banyak dari berbagai kampus se-Pasuruan supaya pemerintah lebih memerhatikan jeritan warganya,” kata Ketua PMII Pasuruan Rozi.

Hajat, salah seorang warga, yang menerima bantuan air menyampaikan terima kasihnya kepada para mahasiswa yang sampai ke desanya. “Kami jarang menerima bantuan air bersih sehingga anak-anak kami kalau ke sekolah ada yang tidak mandi. Kalau tidak ada bantuan, kita harus beli air dengan jarak yang jauh dengan harga Rp.3000 per jeriken,” kata Hajat.

Krisis air bersih selalu melanda warga Kecamatan Lumbang setiap tahunnya selama musim kemarau panjang. Seharusnya pemerintah mempunyai solusi cepat agar tidak ada lagi warga yang mengalami krisis air bersih di wilayah Pasuruan. Pasalnya, Pasuruan terkenal dengan sumber airnya, Umbulan dan Banyubiru, kata Rozi. (Andi/Alhafiz K)

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Add Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==