Pengusaha Jepang Rambah Bisnis Halal Gaet Wisman Muslim

TOKYO, muslimdaily.net – Untuk memenuhi meningkatnya jumlah turis Muslim, pemasok dan agen perjalanan di Jepang tengah berusaha mendapatkan sertifikasi halal dan memberikan fasilitas tempat ibadah khusus untuk muslim. Tahun lalu terjadi lonjakan besar pengunjung dari negara muslim ke Jepang yang mencapai rekor 24 juta wisatawan.

“Telah terjadi peningkatan yang mencolok pada pelanggan Muslim ke jaringan gerai, begitu banyak sehingga merek tersebut berusaha mendapatkan sertifikat Halal dari Islamic Center of Japan,” Tamrerk Nasomyont, juru bicara The Originator of Teppanyaki Steak Misono, sebagaimana dikutip TTGAsia.com, demikian lansir aboutislam.net.

“Saat ini, menu halal hanya tersedia di cabang utama di Kobe.”

Noboru Okuyama, pemilik pertanian Gassan Pole Pole, sebuah penginapan di Yamagata, memiliki pendapat serupa. Menurut Okuyama, kelompok wisatawan Muslim telah meningkat sejak dia mulai menyambut mereka tiga tahun lalu.

Noboru Okuyama bekerja sama dengan sejumlah pihak dan konsultan untuk membuat pondoknya menjadi tempat yang ramah bagi Muslim.

“Di tahun pertama, ada lima kelompok sekitar 10 orang. Sudah tiga tahun, dan tahun ini saya sudah menyambut 20 kelompok atau sekitar 100 orang “, kata Okuyama.

Okuyama telah mengubah piring dan peralatan masak di pondoknya, serta memastikan semua daging yang didapatnya adalah Halal. Ia juga membangun sebuah mushola.

Islam mulai hadir di Jepang sekitar tahun 1920an melalui imigrasi beberapa ratus Muslim Turki dari Rusia setelah revolusi Rusia. Pada tahun 1930, jumlah umat Islam di Jepang mencapai sekitar 1000 yang berasal dari sejumlah negara.

Gelombang migran lain yang mendorong naiknya populasi Muslim di Jepang terjadi tahun 1980an, bersamaan dengan datangnya pekerja migran dari Pakistan, Bangladesh dan negara muslim lainnya.

Jumlah muslim di Jepang saat ini diperkirakan mencapai 120.000 orang dari 127 juta penduduk Jepang.

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Add Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==