Oposisi Minta Perundingan Langsung dengan Pemerintah Suriah

Damaskus,RedaksiIslam.com-Menjelang babak baru perundingan di Jenewa, kelompok oposisi Suriah paling utama yang bernama Komite Tinggi Negosiasi (HNC) ingin berunding secara langsung dengan pemerintah Suriah.

Rabu (22/2), Salem al-Meslet, juru bicara HNC, mengatakan,”Kami menghendaki perundingan langsung. Alih-alih berunding di ruang-ruang terpisah, perundingan langsung akan menghemat waktu. Selain itu, ini juga menunjukkan keseriusan kami.”

Komite ini aktif sebagai kelompok pendukung para milisi dan penentang Bashar al-Assad, presiden Suriah.

Al-Meslet menekankan bahwa perundingan ini harus berporos pada pembentukan pemerintahan transisi di Suriah. “Kami ada di sini untuk berunding. Marilah kita berunding secara langsung.”

Pekan lalu, PBB telah merubah sikapnya terkait isu “transisi politik” dalam perundingan damai yang akan datang.

Kelompok oposisi memaknai “transisi politik” dengan lengsernya al-Assad atau, paling tidak, berkurangnya kekuasaan al-Assad.

Beberapa waktu lalu, HNC menyatakan, kelompok Ahrar al-Sham dan Jaish al-Islam tidak memiliki wakil dalam delegasi yang diutus kelompok oposisi. Ini pertanda bahwa kelompok oposisi bersenjata Suriah berniat mengambil jarak dari kebijakan perang Saudi di Suriah.

Dalam perundingan-perundingan di Jenewa sebelum ini, kedua belah pihak tidak pernah bertemu secara langsung. Mereka saling menjalin kontak melalui perantaraan Staffan de Mistura, duta PBB untuk urusan Suriah.

Pernyataan HNC ini dilontarkan menyusul tertundanya perundingan damai Suriah selama 10 bulan. Perundingan ini diadakan guna mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama 6 tahun di Suriah.

Rencananya, babak ketiga perundingan damai Suriah yang didukung Rusia, Iran, dan Turki akan berlangsung akhir Februari ini di Astana, ibukota Kazakhstan. Para pengamat memprediksi, poros utama perundingan ini berkisar seputar penguatan gencatan senjata di seluruh penjuru Suriah. (af/presstv)

SHARE THIS:

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Add Comment