Ini Alasan Kenapa Mujahidin Mundur dari Aleppo

Mundurnya faksi jihad di Aleppo adalah untuk mencegah kerugian lebih lanjut, dan menyusun program politik yang dapat menyatukan kaum muslim rakyat Suriah.

Berbicara dari kubu oposisi (faksi-faksi jihad para pejuang) di Idlib, Omran Muhammad mengatakan alasan praktis: oposisi terpaksa menarik diri dari Aleppo timur adalah untuk meringankan krisis kemanusiaan sipil yang sudah sangat mengkuatirkan, Middle East Eye melaporkan dalam wawancara khusus, Sabtu (24/12/2016).

“Aleppo merupakan daerah perkotaan yang berpenduduk padat dengan sejumlah pejuang oposisi,” katanya.

“Untuk setiap langkah yang kami buat, puluhan jet Rusia menjatuhkan hujan bom pada warga sipil, mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang besar.”

“Tidak ada makanan, rumah sakit kehabisan obat-obatan bahkan kapas penyeka. Kami tidak memiliki pilihan kecuali membantu rakyat Aleppo mengungsi.”

Muhammad menolak klaim rezim Suriah Assad dan Rusia bahwa semua oposisi adalah “teroris”.

“Tentu saja, rezim menginginkan Anda berpikir bahwa kita semua [oposisi] adalah teroris, karena  melawan gerakan Assad.

“Hanya karena kita semua ingin menggulingkan rezim tidak berarti bahwa kita adalah teroris.”

“Anda harus menyadari rezim ini tidak pernah mengizinkan oposisi itu ada. Tidak boleh ada pembangkang yang baik atau buruk dalam buku-buku (doktrin-doktrin) mereka. Aktivis, oposisi, jihadis, warga sipil, ataupun teroris.. kita semua adalah sama bagi rezim Suriah Assad yaitu musuh.”

Muhammad mengatakan bahwa walaupun perbedaan antara kelompok oposisi terjadi, itu adalah situasi yang “normal” dan harus diselesaikan secara terbuka bagi semua pihak.(jurnalislam)

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Add Comment