Fatwa Ulama: Bahayakah Sufiyah?

 Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ 2: 86

 

Soal:

Apa itu sufiyah dan apakah ajarannya membahayakan agama? Apa hukum duduk bersama orang-orang sufi?

Jawab:

Umumnya, sufi di zaman ini adalah kelompok yang telah salah jalan (alias: sesat). Cara mereka beragama telah menyelisihi ajaran Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ajaran agama mereka diambil dari pembesar dan guru-guru mereka. Mereka pun percaya bahwa guru-guru mereka tadi dapat memberikan manfaat dan mendatangkan bahaya selain Allah. Tidak boleh duduk di majelis mereka kecuali jika ingin mengajak mereka untuk berpegang teguh dengan ajaran Rasul.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad, wa aalihi wa shohbihi wa sallam.

Ditanda tangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz selaku ketua; Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh,  Syaikh Sholih Al Fauzan, Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota.

 

* Al Lajnah Ad Daimah adalah komisi fatwa di Saudi Arabia, yang berpusat di kota Riyadh. Sebelumnya diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz. Saat ini  diketuai oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh dan terdapat anggota-anggota yang duduk saat ini seperti Syaikh Sholih Al Fauzan.

 

Riyadh, KSA, 28 Muharram 1434 H

 

Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

 


Dukung pendidikan Islam yang berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salafus shalih dengan mendukung pembangunan SDIT YaaBunayya Yogyakarta http://bit.ly/YaaBunayya  

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Silakan dibagikan ke Rekan-Rekan Anda supaya bisa lebih bermanfaat…

Add Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==