Cantumkan Yerusalem Ibukota Israel, Penerbit Yudhistira akan Dipanggil KPAI

kontenislam.com – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan memanggil Penerbit Yudhistira terkait ditemukannya buku kelas 6 SD terbitan Penerbit Yudhistira yang mencantumkan Jerusalem sebagai ibukota Israel, bahkan sebelum adanya klaim dari Donald Trump.

KPAI mengungkapkan bahwa kesalahan dalam penulisan buku ajar tersebut bukanlah kejadian yang pertama. Hal ini disampaikan oleh komisioner bidang pendidikan KPAI, Retno Listyarti.

“Kekeliruan isi bahkan substansi bukanlah kejadian pertama. Ini sudah terjadi kesekian kalinya,” kata Retno kepada kiblat.net, Rabu (13/12).

Dia menilai bahwa hal tersebut menunjukkan lemahnya pengawasan terhadap buku-buku ajar, terutama buku SD.

“Mulai dari adanya konten kekerasan sampai pornografi, dan sekarang kekeliruan penulisan Ibukota Israel adalah Jerusalem.”ujar Retno.

KPAI juga berencana untuk meminta kepada Kemendikbud terkhusus Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) terkait lolosnya buku tersebut dalam penilaian perbukuan. Pengawasan buku ajar mestinya menjadi kewenangan Puskurbuk Kemdikbud RI.

“Jika dalam proses penilaian buku tersebut ada kelalaian Kemdikbud maka tentu saja Kemdikbud menjadi pihak yang bertanggung jawab.”kata Retno.

Untuk mengumpulkan data dan penjelasan yang utuh dalam proses penyusunan buku hingga lolos penilaian buku, KPAI berencana memanggil Penerbit Yudistira ke kantor KPAI senin mendatang.sumber: kiblat

Dipersembahkan oleh : RedaksiIslam.com

Bagikan ke teman-temanmu yuk…

Add Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==